Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, membuat dunia pendidikan dituntut untuk beradaptasi dan mengikuti perubahan besar dalam kegiatan belajar dan mengajar. Sebelum era teknologi informasi seperti sekarang ini, dunia pendidikan merupakan warisan dari sistem pendidikan yang lama yang isinya adalah menghafal fakta-fakta tanpa arti dan cenderung tradisional. Oleh karena sistem pendidikan membuat siswa jadi pasif sehingga perlu pendekatan pendidikan dengan teknologi agar dapat menstimulus siswa supaya memiliki semangat menciptakan ide atau gagasan yang aplikatif. Teknologi komunikasi dan informasi yang terus berkembang adalah jawaban dari permasalahan pendidikan yang cenderung stagnan dan penuh teori.

photo by www.xc-printer.com

Teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan mencakup setiap kemungkinan sarana (alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan latihan secara komputerisasi. Teknologi dalam pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi berupa media untuk memperlancar kegiatan instruksional. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berkaitan dengan usaha peningkatan produktivitas pendidikan, memungkinkan pendidikan bersifat individual, cepat dan lainnya.

photo byb www.linkedin.com

Telah banyak produk teknologi informasi yang aplikatif sangat cocok untuk pembelajaran siswa  baik yang perlu bimbingan guru maupun untuk pembelajaran siswa secara mandiri. Produk teknologi ini dinilai lebih mengikuti perkembangan zaman yang serba digital, daripada hanya pendidikan yang berbasis tradisional. Sehingga proses pendidikan akan sangat efektif dan lebih dapat mencapat tujuan pembelajaran secara lengkap dan menyeluruh.

photo by www.edtechreview.in