Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam dunia  nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Kombinasi dari teknologi ini memungkinkan penggabungan secara real-time antara konten virtual pada komputer degan tampilan secara langsung pada video.

photo by www.id.pinterest.com

Cara kerja Augmented Reality berdasarkan deteksi citra digunakan yaitu marker. Kamera akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, kamera akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

photo by www.mrspepe.com

Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sudah banyak dikembangkan untuk dunia pendidikan sebagai alat bantu pembelajaran. Sebagai contoh pemanfaatan teknologi Augmented Reality digunakan untuk mempelajari pengenalan hewan pada biologi secara virtual atau mempelajari gerakan sholat, mengaji dalam pelajaran agama islam. Di dalamnya seorang pelajar dapat mempelajari tentang hewan, nama dan suaranya, atau mempelajari tentang organ tubuh manusia, misalnya bagian tengkorak manusia dalam bentuk 3 dimensi secara virtual dan berinteraksi dengan objek virtual tersebut.

photo by www.blog.ltc.mq.edu.au